Kamis, 28 Mei 2015

MANAJEMEN ORGANISASI
Banyak orang sukses melakukan transformasi pola pikir kewirausahaan. Berikutnya mereka melakukan transformasi pada saat belajar menemukan
peluang bisnis.
Namun tdk sedikit juga orang gagal melakukan transformasi kewirausahaan, yaitu saat mengubah pola pikir entrepreneur (pemilik bisnis) menjadi intrapreneur (pengelola bisnis)
Faktor-faktor kegagalan seorang entrepreneur (wirausahawan) ketika ia menjadi pengelola bisnis (intrapreneur), adalah
1. Ia mempertahankan status kepemilikannya dlm aspek pengelolaan keuangan yg sering tdk
    memisahkan wewenang & tanggungjwb keuangan antara uang 
    pribadi dgn uang perusahaan
2. Harus mengubah ego pribadinya dlm menghadapi konflik dgn karyawannya.
3. Salah satu partner yg juga merupakan pemilik
    bisnis menjadi bawahan dari pemilik lainnya.
4. Pemimpin perusahaan yg bertanggungjwb mengelola bisnis
   harus bersikap profesional.
Entrepreneurship vs Intrapreneurship
Bisnis yg sukses harus dikelola dengan benar & profesional, yaitu pemimpinnya tdk berpikir bahwa ia
sebenarnya adalah salah satu dari pemilik tunggal perusahaan.
Seorang pemimpin bisnis dalam menjalankan bisnisnya hrs berpikir dengan konsep kewirausahaan
organisasi (organizational entrepreneurship) yang disebut Intrapreneurship dgn tidak membawa pola
pikir kewirausahaan masuk ke dalam operasional bisnis.

Perbedaan intrapreneurship & Intrapreneurship


Bagaimana Mempersiapkan Bisnis
Hal-hal yg perlu dipersiapkan oleh seorang wirausaha dlm proses transformasi agar seorang
penanggungjwb dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, adalah :
1. Penunjukan & pengangkatan orang yg bertanggung jawab untuk mengelola bisnis. Bila
    struktur bisnisnya adalah pemilik tunggal maka dirinyalah yg menjadi penanggung jawab
    bisnis.
2. Menentukan, merencanakan & mempersiapkan lokasi kantor.
3. Mempersiapkan tempat kerja & perlengkapan kantor.
4. Mempersiapkan SDM; proses seleksi, sistem perekrutankriteria kebutuhan & posisi yg
    dibutuhkan
5. Perencanaan peraturan & proses pengambilan keputusan.

Bagaimana Mempersiapkan Bisnis
Hal-hal yg perlu dipersiapkan oleh seorang wirausaha dlm proses transformasi agar seorang penanggungjwb dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, adalah :
1. Penunjukan & pengangkatan orang yg bertanggung jawab untuk mengelola bisnis. Bila
   struktur bisnisnya adalah pemilik tunggal maka dirinyalah yg menjadi penanggung jawab
   bisnis.
2. Menentukan, merencanakan & mempersiapkan lokasi kantor.
3. Mempersiapkan tempat kerja & perlengkapan kantor.
4. Mempersiapkan SDM; proses seleksi, sistem perekrutankriteria kebutuhan & posisi yg
    dibutuhkan.
5. Perencanaan peraturan & proses pengambilan keputusan.

Kunci Jatuh Bangunnya Sebuah Bisnis
Seorang wirausahawan harus berpikir strategis dlm mengelola bisnisnya agar bisa tumbuh dengan baik. Entrepreneurship berintikan pada kekuatan manajemen strategi selain kreativitas dan yg lainnya.
Kiat sukses dlm membangun sebuah bisnis yg fokus pada strategi dgn menggunakan teori 7S dari McKinsey, yaitu :
1. Strategi (strategy)
2. Struktur (struktur)
3. Sistem (sistem)
4. Staf (staf)
5. Keterampilan (skill)
6. Nilai bersama (share value)
7. Gaya (style)
Sekian dulu yang bisa saya bagikan pada laman ini, semoga bermanfaat, jangan lupa juga membaca laman-laman yang terkait. Makasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar