Sabtu, 18 April 2015

PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK JASA

Pengertian dan Karakteristik Jasa











Pengertian Jasa
Setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak  kepada pihak lain yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu (Kotler, 2000)
Karakteristik jasa





1.      Intangibility
“Tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar, atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi”
2.      Intangibilitas Jasa
Dampak bagi konsumen:
a.    Sulit mengevaluasi berbagai alternatif penawaran jasa,
b.    Mempersepsikan tingkat resiko yang tinggi
c.    Menekankan pentingnya sumber informasi informal, dan
d.    Menggunakan harga sebagai dasar penilaian kualitas 

Respon produsen:
a.      Reduksi kompleksitas jasa,
b.      Penekanan tangible cues (petunjuk fisik)
c.       Fasilitasi rekomendasi dari mulut ke mulut, dan
d.      Fokus pada kualitas jasa
3.      Inseparability
Jika suatu barang ingin sampai pada konsumen Barang tersebut melalui proses “Diproduksi dulu, kemudian dijual, lalu dikonsumsi” , berbeda dengan produk jasa yang “Dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama”
4.      Inseparabilitas Jasa
Dampak bagi konsumen:
a.      Kepuasan pelanggan bergantung pada interaksi  penyedia jasa dengan pelanggan
b.      Perilaku konsumen lain bisa mempengaruhi kepuasan terhadap jasa
c.       Sering harus melakukan perjalanan untuk mencapai lokasi produksi jasa
Respon produsen:
a.      Pelatihan staf agar dapat berinteraksi secara efektif dengan para klien
b.      Mencegah agar jangan sampai ada pelanggan yang mengganggu/menghambat kepuasan pelanggan lainnya
c.       Penyempurnaan sistem penyampaian jasa
5.      Variability/heterogeneity/inconsistency
“Banyak variasi bentuk, kualitas, dan jenis, tergantung kepada siapa, kapan, dan dimana jasa tersebut diproduksi”
6.      Penyebab Variabilitas Kualitas Jasa
a.      Kerja sama atau partisipasi pelanggan selama penyampaian jasa
b.      Moral/motivasi karyawan dalam melayani pelanggan
c.       Beban kerja perusahaan
7.      Perishability
“Tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar